Makna Lagu: Selaras oleh Kunto Aji dan Nadin Amizah

Makna Lagu: Selaras oleh Kunto Aji dan Nadin Amizah

Rilis: 3 Desember 2020

Penyanyi: Kunto Aji dan Nadin Amizah

Lirik Lagu Selaras

Aku sudah hampir di ujung jalan
Upaya, tenaga, dan penghabisan
Yang sudah dan sedang diusahakan
Runtuh terbangun entah sampai kapan

(Humming)

Aku tergerak mencari jawaban
Aku berjalan mencari alasan

Langit yang membiru, hangat matahari
Berbisik padaku, tolong beri kami waktu

Ini tentang merawat kehidupan.

Kita bisa selama masih ada
Rumah untuk pulang
Dan memulai segalanya.

Makna Lagu Selaras Secara Personal

Sekarang kita sudah berada di bulan terakhir (Desember) tahun 2020. Sepertinya baru kemarin aku menuliskan artikel countdown 49 hari terakhir. Eh sekarang sudah benar-benar di depan mata. Sebelum secara resmi merilis lagu baru ini, Kunto Aji menulis di akun Instagramnya:

Gusti, yang direncanakan bukan untuk tahun ini, yang dijaga untuk direlakan pergi.
Tahun ini mungkin bukan tahun kami, beradaptasi ternyata belum cukup.
Jika memang hikmahnya bukan giliran kami, kali ini, bantu kami menyelaraskan diri,
membaur lembut dengan kondisi.

Banyak musisi dan seniman yang harus kehilangan pekerjaan mereka karena konser musik yang tidak lagi bisa diadakan secara live atau tatap muka. Memang solusinya adalah konser musik virtual, tetapi feel-nya pasti berbeda, baik bagi penonton dan juga musisinya. Sudah hampir 9 bulan berlalu, dan hampir kita semua dituntut untuk beradaptasi. Kira-kira harus berapa lama lagi ya kita menyelaraskan diri dengan situasi ini?

Beberapa dari kita mungkin kehilangan banyak hal di tahun 2020. Semua upaya dan tenaga sudah kita berikan habis-habisan untuk tetap bertahan (secara kesehatan fisik, mental, dan emosional). Namun, situasi pandemi (terutama di Indonesia) masih sama saja dan tidak terlihat adanya perbaikan ke arah yang lebih baik. Melalui lagu ini, kita diajak untuk menggunakan kacamata "perspektif" lain, seperti fokus menemukan sisi baik dalam kehidupan kita 'saat ini'. Bagian lirik "Ini tentang merawat kehidupan" terasa sangat menyentuh, karena di balik kehilangan yang telah terjadi, kita juga menemukan hal-hal yang tidak kalah bermakna. Akhir video klip lagu "Selaras" ini membawa kita pada pertemuan yang dirasakan oleh Kunto Aji, Nadin Amizah, Rendy Pandugo, dan Sal Priadi. Ada yang menemukan perannya sebagai Bapak selama di rumah aja. Ada yang menunjukkan raut wajah bahagia karena melewati waktu berkualitas bersama orang tua.

Bagian lirik "Ini tentang merawat kehidupan" terasa sangat menyentuh, karena di balik kehilangan yang telah terjadi, kita juga menemukan hal-hal yang tidak kalah bermakna.

Bagaimana dengan kita sendiri? Apa hal baru yang kita temukan di tahun 2020 ini? Kalau aku, waktu berkumpul bersama orang terkasih semakin terasa nyata dan bermakna untukku. Mungkin kelak aku akan sibuk dengan hal-hal baru, jadi biarlah aku kenang 2020 ini dengan lagu Selaras yang bermelodi merdu.

Baca juga:

Makna Lagu: Manusia Kuat oleh Tulus
Makna Lagu: Hoolala oleh Yura Yunita - Menyelamatkan Diri dari Insecurity

Comments

  1. Syahdu sekali baca ini malam malam

    ReplyDelete
  2. Thank you Chindy for the sharing. It's so true. Aku sendiri merasa saat pandemi ini jadi belajar untuk lebih menghargai hubungan dan somehow jadi tahu juga siapa sih teman yang masih mau usaha untuk stay in touch walaupun nggak bisa ketemu dulu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for sharing your thoughts, Sharon.. Sending virtual hugs <3

      Delete

Post a Comment

Popular Posts