Makna Lagu: Bertahan Lewati Senja oleh Vidi Aldiano

Makna Lagu: Bertahan Lewati Senja oleh Vidi Aldiano

Penyanyi: Vidi Aldiano

Tanggal Rilis: 21 Febuari 2020

Meski dirilis di awal tahun 2020, lagu Bertahan Lewati Senja ini masih menjadi repeated song (lagu yang sering diputar) di playlist-ku hingga akhir 2020. Lagu ini memiliki makna yang sangat personal bagi Vidi Aldiano. Vidi mencurahkan isi hatinya dalam lantunan lagu ini setelah ia mengalami beberapa ujian di tahun 2019. Setelah sempat mengalami anxiety attack (serangan kecemasan), Vidi juga menjalani operasi kanker ginjal di Singapura pada akhir tahun 2019. 

Lirik di lagu ini membawa makna yang sangat mendalam. Bagian awal lagu menunjukkan sisi gelap kita sebagai manusia. Kita berlari, memberikan yang terbaik dalam menjalani hari, tapi sering sekali hari tidak berjalan baik, dan kita merasa kecewa dengan diri sendiri. Bagian reff lagu adalah obat untuk diri kita. Lirik "aku, aku pasti bisa" adalah cara Vidi berkomunikasi dengan dirinya sendiri. Lebih lanjut ia bercerita "Saat kita merasa ga mampu tapi kita bilang yuk, maka badan akan yuk juga. Percaya kita ga selemah itu. Kita kuat. Bila hari ini terasa lebih berat dari yang kemarin, itu artinya kita mau naik kelas". Yuk kita dengarkan langsung lagunya dan simak lirik serta makna lagunya.

Lirik Bertahan Lewati Senja

Terkadang ku lari dan tersesat
Hilang dan gelaplah firasat
Tak mampu ku selamatkan diri
Tak mampu ku selamatkan diri

Terkadang hari sedang indahnya
Diri tak dapat melihatnya
Tak mampu ku selamatkan diri
Bantu aku selamatkan hati...

Reff:
Aku... Aku pasti bisa melawan semua suara
Yang terus menggema, mengusik jiwa
Aku... Aku pasti bisa bertahan lewati senja
Karena ku percaya gelap akan lewat
dan terang 'kan datang untukku

Kala si fana membelenggu
Bising problema deras mengguyurku, oh...
Lelah bertarung dalam jiwa
Namun harus kuat 'ku melawannya

Waktu kecil, duniaku terasa sempurna
Rumah tempat aman 
dan teman tempat bersandar
Masa-masa bahagia seringlah kau datang
Bantu aku yang inginkan pulang

(back to reff)

Makna Personal Lagu Bertahan Lewati Senja

Katanya, hidup pasti ada pasang surutnya. Ga melulu senang, kalau sedang susah pun, masa itu akan berlalu. Namun, realitanya, ketika kesulitan sedang menghampiri, bukankah kita seringkali merasa tidak mudah untuk bertahan? Lirik "Tak mampu ku selamatkan diri, tak mampu ku selamatkan diri" menggambarkan kelelahan kita dengan sangat nyata. Mengambil jalan pintas untuk berhenti di tengah jalan sering menjadi keputusan kita. 

Melalui lirik reff "Aku pasti bisa, bertahan lewati senja. Karena ku percaya gelap akan lewat, dan terang 'kan datang untukku", aku diingatkan bahwa proses dari jatuh menuju bangkit membutuhkan waktu, dan yang aku perlukan adalah rasa percaya. Percaya bahwa masa gelap tidak akan lama. Percaya bahwa bertahan tidak akan sia-sia. 

Setelah reff yang penuh harapan, bait selanjutnya kembali terasa sedih: "Kala si fana membelenggu, bising problema deras mengguyurku", aku memaknai ini sebagai alur kehidupan yang berulang. Masa sedih datang, kita bangkit dari kesedihan dan menjadi kuat, kemudian masalah hidup yang lain akan kembali datang. Mungkin kita akan sampai di titik "Lelah bertarung dalam jiwa", tapi lirik selanjutnya adalah "namun harus kuat 'ku melawannya". Seperti pesan yang ingin disampaikan oleh penyanyinya, mungkin apa yang kita hadapi saat ini terasa berat, ada kalanya kita merasa tak kuat, namun bertahanlah. Jadikan momen indah bersama keluarga dan teman-teman kita sebagai kekuatan untuk bangkit.

Bila kamu sedang down dan kehilangan harapan, dengarkanlah lagu ini. Semoga lagu Bertahan Lewati Senja dan artikel ini bisa memberimu sedikit kekuatan. Yuk katakan pada diri sendiri, "Aku bisa, aku bisa bertahan lewati senja. Gelap akan lewat. Terang akan datang".

Baca juga: Makna Lagu Hoolala oleh Yura Yunita - Menyelamatkan Diri dari Insecurity

Sumber:

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Makna Lagu: Selaras oleh Kunto Aji dan Nadin Amizah

Makna Lagu: Kenangan Manis oleh Pamungkas

Makna Lagu: Manusia Kuat oleh Tulus