Mulai Bosan karena Pandemi? Yuk Membaca & Ketahuilah Manfaatnya

Siapa yang mulai bosan di rumah saja? Sudah 1,5 tahun kita menghadapi pandemi Covid-19. Sejak awal pandemi, kita dipaksa untuk membatasi aktivitas di luar rumah demi keamanan dan kesehatan kita dan orang-orang terdekat kita. Namun, rasanya tidak banyak aktivitas yang dapat kita lakukan saat kita hanya berdiam diri di rumah. Banyak dari kita yang sudah mulai merasa bosan dan jenuh. Sebelum bulan Agustus 2021 ini berakhir, yuk ChindyCerita mau mengajak kita semua membentuk suatu kebiasaan baik nan bermanfaat, yaitu membaca (bisa buku, koran, bacaan pendek seperti blog ini, jurnal ilmiah, dan lainnya).

Membaca bisa menjadi solusi untuk kebosanan kita lho! Di artikel ini, aku ingin membagikan apa saja manfaat membaca karena ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan! Mulai dari memperkuat daya ingat dan kecerdasan hingga mengurangi stres. Langsung kita simak satu per satu ya...

1. Memperkuat daya ingat

Otak kita bekerja seperti tubuh kita yang perlu kita latih terus-menerus (dengan olahraga misalnya) agar tetap bugar. Kita perlu melatih otak agar terus bekerja sesuai fungsinya, salah satunya adalah fungsi kognitif, yaitu daya ingat dan konsentrasi. Menurut para peneliti neurologi, membaca buku atau bacaan secara rutin adalah olahraga untuk otak kita. Otak distimulasi untuk fokus terhadap suatu hal (yaitu bacaan kita) dan ia melakukan tugasnya untuk mengolah apa yang sedang kita baca. 

Dengan terus melatih otak, kita juga sedang berusaha untuk mencegah munculnya penyakit Alzheimer. Untuk yang belum tahu, penyakit Alzheimer adalah penyakit pada otak yang membuat kerja daya ingat dan fungsi kognitif menurun. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Rush University Medical Centre, fungsi kerja otak kita dipengaruhi oleh aktivitas kita sehari-hari. Dalam penelitian tersebut, membaca buku dapat mengurangi penurunan kemampuan mental pada 32% penderita Alzheimer. Jadi, sisihkan waktu setiap harinya untuk membaca ya.

2. Meningkatkan kecerdasan dan kemampuan berbahasa

The more that you read, the more things you will know. The more that you learn, the more places you'll go. (Dr. Seuss)

Kutipan di atas menjadi pengingat bagiku untuk selalu menyempatkan membaca setiap hari. Dr. Seuss, sang penulis terkenal yang karya-karyanya telah mendunia, berkata bahwa membaca buku dapat memperluas pengetahuan dan membuat seseorang terus mendapatkan pelajaran baru dalam hidupnya. Terlebih lagi, membaca dapat meningkatkan kemampuan berbahasa kita. Apabila kita membiasakan diri memahami bacaan yang juga disertai kemampuan berpikir kritis, kita pun terlatih tidak hanya untuk memiliki pengetahuan yang mumpuni, tetapi juga melalui ucapan yang baik bagi orang lain di sekitar kita. 

Dengan rutin memberikan asupan bacaan kepada otak kita, otak kita secara tidak langsung dilatih untuk mengolah pikiran dan memori kita. Oleh karena itu, apabila kita memiliki waktu 30 menit - 1 jam saja setiap harinya untuk membaca, jangan ragu untuk dilakukan yaaa...

3. Mengurangi stres 

Ada berbagai pemicu stres, misalnya beban kerja yang sedang tinggi, masalah keluarga, masalah dengan pasangan atau teman, masalah keuangan, dan banyak lainnya, termasuk hal-hal di luar kendali misalnya kemacetan dan pandemi. Harus aku akui bahwa membaca tidak menjadi pelarian utama kebanyakan orang saat stres. Biasanya, aktivitas yang cenderung dipilih adalah menonton film atau jalan-jalan atau mengobrol dengan teman. Karena saat ini pandemi masih sedang berlangsung dan kita belum bisa pergi ke luar rumah, membaca bisa menjadi aktivitas alternatif kita saat di rumah saja.

Tahukah kamu? Menurut suatu penelitian dari University of Sussex, aktivitas membaca selama minimal 6 menit dapat mengurangi tingkat stres seseorang hingga 68 persen! Alasannya sederhana: buku atau bacaan mampu membuat pembacanya berimajinasi dan melupakan sejenak stres yang sedang dialami.

Baca juga: Setengah Tahun Berlalu, Apa Kabar Resolusi 2021?

Jadi, tidak perlu membuat excuse (alasan) lagi untuk tidak membaca karena membaca membawa banyak manfaat bagi kita, terutama di kala pandemi yang secara tak sadar membuat kita merasa jenuh dan menjadi penyendiri. 


Sumber:

https://www.gramedia.com/blog/manfaat-istimewa-membaca-buku/#gref
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200423134129-284-496531/7-manfaat-membaca-buku-setiap-hari

Comments

  1. Cocok dgnku yg suka baca,tetap semangat hingga pandemi berlalu

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts