Makna Lagu: Love & Let Go oleh Raisa

Penyanyi: Raisa 

Album: It's Personal

Rilis: 6 June 2021

*Gulir ke bawah untuk langsung melihat lirik lagu Love & Let Go

 

Tepat pada hari ulang tahunnya ke-31, Raisa merilis EP (Extended Play) berjudul It's Personal. Terdapat lima lagu di dalamnya, yaitu: Kutukan (Cinta Pertama), Love & Let Go, Ragu, Tentang Dirimu, dan Jangan Cepat Berlalu. Lagu yang menjadi favoritku adalah Love & Let Go. Lagu ini menjadi lagu wajib yang aku putar setiap hari. Selain karena melodi dan progresi yang sangat indah, lirik lagu ini terasa cukup personal untukku. Secara keseluruhan, lagu ini menceritakan tentang seorang wanita yang memilih dirinya dengan melepaskan orang yang (dia pikir) dia cintai untuk kebaikan dirinya sendiri. 

Di bait pertama, terdapat lirik I need some space dan We'll grow apart yang adalah perasaanku saat berpisah dengan mereka yang dulu pernah menjadi bagian penting dalam hidupku. Setelah menjalani beberapa pengalaman dalam relationship, sebenarnya aku selalu menjadi pihak yang say goodbye. Seperti di bait ke-2: With one foot out the door, This is goodbye. Mengambil keputusan untuk berpisah tentu saja bukan perkara mudah. Namun, bila kedua pihak sudah merasa stuck dan toxic bagi satu sama lain, ada baiknya untuk melepaskan hubungan ini demi kebaikan masing-masing.

Lanjut ke bagian refrain lagu, dengan liriknya: Don't be afraid to ever let me go, Just say you hope that I would find what I am searching for. Meminta mereka untuk melepaskanku dengan rela adalah hal tersulit yang aku alami. Tapi untuk apa mempertahankan bila kedua pihak selalu merasa tersakiti dalam perjalanan ini? Karena aku juga sadar bahwa aku tidak bisa menjadi orang yang terbaik bagi mereka apabila aku merasa stuck. Memilih diri sendiri agar aku bisa kembali bertumbuh adalah prioritasku. Dan bagian ini terwakili dalam lirik reff: But this time I won't choose you, Oh I never meant to hurt you, Set me free...

Kelak, saat mereka telah menemukan apa yang terbaik bagi diri masing-masing, mereka akan mensyukuri perpisahan yang telah terjadi. Begitulah sedikit ceritaku yang terasa sangat pas di setiap lirik Love & Let Go karya Raisa ini. Untuk lirik lengkapnya, bisa langsung dilihat di bawah ya.

Lirik Lagu Love & Let Go

Don't ever change
That's what you said
I need some space
We'll grow apart

With one foot out the door
This is goodbye
Will you still be here
When I have finally found myself?

Reff:
Don't be afraid to ever let me go
Just say you hope that
I would find what I am searching for
'Cause time and time again, I stayed true
But this time I won't choose you
Oh I never meant to hurt you
Set me free for now, and I will come find you

Aah-aah
Aah-aah

With one foot out the door
This is goodbye
Will you still be here
When I have finally found myself?

(Back to Reff)

Feelings can come and go
You and I both know it's true
There's a chance it may compromise
My way back home to you

But I had learn by living
To love and let go
Will you be here when I found me?
I don't know

(Back to Reff)

Comments

Popular Posts