Review #Alive - Film Zombie Korea yang Relevan saat Pandemi

Review #Alive - Film Zombie Korea yang Relevan saat Pandemi

Tentang Film #Alive

Rilis: 24 Juni 2020 dan di Netflix 8 September 2020
Adaptasi: Alone (film barat indie tahun 2019 yang disutradarai oleh Matt Naylor)
Genre: Survival Thriller
Durasi: 98 menit
Sutradara: Cho Il Hyung
Pemeran utama: Yoo Ah In, Park Shin Hye
Latar: Korea Selatan


Sinopsis #Alive

Film #Alive menceritakan tentang situasi di suatu kota yang sangat kacau karena wabah misterius yang menyebar dengan sangat cepat dan mengubah manusia menjadi zombie yang agresif. Oh Joon Woo (diperankan oleh Yoo Ah In) tinggal di apartemen bersama ibu dan kakak perempuannya. Suatu hari, saat keluarganya sedang keluar rumah, ia menghabiskan harinya di apartemen dengan bermain video gim. Kemudian, seorang pemain di video gim tersebut mendesaknya untuk menonton TV. Muncul berita tentang penyakit misterius yang membuat manusia menjadi kanibal dan situasi kota yang kacau balau. Joon Woo pun melihat keluar apartemennya dan ia menyaksikan orang-orang berlarian, saling memakan satu sama lain, dan berubah menjadi zombie.

Joon Woo terjebak di dalam apartemennya dengan persediaan makanan dan minuman yang tidak banyak, tanpa akses internet hingga air di apartemennya yang juga tidak mengalir. Joon Woo merasa putus asa dan ingin mengakhiri hidupnya. Namun, aksi bunuh dirinya tidak berhasil karena kehadiran Kim Yoo Bin (diperankan oleh Park Shin Hye), wanita muda yang tinggal di seberang apartemennya. Mereka pun saling membantu. Apakah Joon Woo dan Yoo Bin berhasil menyelamatkan diri mereka? Temukan jawabannya dengan menonton film ini!

Mengapa #Alive sangat menarik?

Meskipun rating di IMDb hanya 6.2, aku sangat menikmati film ini karena film ini sangat dekat dengan situasi kita saat ini, yaitu isolasi mandiri saat pandemi. Kalau mau keluar rumah, boleh-boleh saja sih, tapi siap-siap untuk diserbu zombie yang bisa datang kapan saja. Apalagi kalau kamu tidak bisa menjaga diri sendiri, kamu akan menjadi zombie juga. Sama dengan situasi pandemi COVID-19 saat ini. Memang sekarang kita masih bisa bebas berkeliaran di luar rumah. Musuh kita juga bukan zombie yang agresif itu. Namun, musuh kita tak kasat mata dan malah lebih berbahaya. Kita bisa saja menjadi carrier dan membahayakan orang terdekat kita, seperti anggota keluarga yang kita temui setiap hari, tanpa kita sadari.

Sama seperti di Film #Alive, tetap #dirumahaja menjadi satu-satunya pilihan yang paling tepat untuk terhindar dari COVID-19. Salah satu teman dekatku telah berpulang karena COVID-19, dan aku sungguh berharap tidak ada lagi korban lain. Namun apa daya. Angka positif COVID-19 di Indonesia terus naik, proses swab test hasilnya tidak cepat, mau rapid test hasilnya tidak akurat, dan vaksin juga belum jadi. Pada akhirnya, kita hanya bisa mengandalkan diri sendiri. Oleh karena itu, untuk yang sudah merasa bosan karena harus #dirumahaja, coba nonton film #Alive ini. Aku percaya rasa bosanmu akan berganti dengan rasa bersyukur. Di rumah aja tidak se-membosankan itu. Coba buat karya yang sekiranya bisa membuat dirimu senang dan bermanfaat bagi orang lain.

Baca juga: Berkarya Walau di Rumah Aja - Gimana Caranya? 



Pelajaran Berharga dari Film #Alive

1. Jangan Putus Asa

Setelah berhari-hari tanpa makanan dan minuman (karena stok sudah habis), Joon Woo tentunya merasa putus asa. Ia pun mengambil tali dan memutuskan untuk bunuh diri. Satu-satunya jalan keluar yang ada di benaknya hanyalah itu. Lega sekali rasanya ketika Yoo Bin (yang ada di apartemen seberang) menyalakan lasernya. Seketika Joon Woo sadar kalau masih ada yang sama seperti dirinya dan ia segera berusaha untuk menghentikan proses bunuh diri ini.

Joon Woo merasa bahagia sekali karena dia tidak lagi merasa sendiri dalam menghadapi situasi ini. Merasa tidak sendiri sangatlah penting ketika kita sedang menghadapi masalah. Oleh karena itu, jangan putus asa. Carilah teman yang bisa mendengarkan masalahmu dan menawarkan solusi (ini bonus).

2. Saling Bantu hingga akhir

Momen Joon Woo dan Yoo Bin saling membantu sangat aku acungi jempol! Ada adegan di mana Yoo Bin sedang dalam bahaya, dan Joon Woo tidak segan mengeluarkan pistol untuk mengancam orang yang membahayakan Yoo Bin. Dan juga di adegan hampir akhir, Joon Woo menghalang para zombie dan meminta Yoo Bin untuk jalan terlebih dulu. Pokoknya seru banget dan kalian akan salut dengan perjuangan mereka. 

Ada satu pertanyaan yang muncul di benakku setelah aku selesai menonton film ini. Di kehidupan realita, ketika kita berada dalam situasi sulit, akankah ada orang yang mau membantu dengan totalitas? Semoga saja ada. 

Baca juga: Rehat Sejenak

Untuk kamu yang sudah nonton film #Alive, jangan lupa bagikan pendapatmu tentang film ini di kolom komentar.


Sumber:

https://www.imdb.com/title/tt10620868/

https://tirto.id/sinopsis-alive-film-park-shin-hye-yang-akan-tayang-8-september-f1el

Comments

  1. Buat aku, yang bikin film ini unik adalah si pemeran utamanya. Mayoritas film zombie pasti main characternya sosok yang seakan dilahirkan khusus untuk menyelamatkan dunia. Tapi di Alive, main characternya lebih keliatan kayak 'representasi' kita semua, orang biasa yang sama sekali ga siap menghadapi terjangan disaster, tapi dituntut untuk bertahan dengan segala skill modern yg dikuasai 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget, Shella. Karena keseharian dia hanya main gim, skill main cast cowo beda banget sama si cewek yg anak gunung. Sangat setuju kalau penggambaran karakter cowo jadi representasi kita semua saat ini..

      Delete
  2. Wah.. Ku jg baru nntn ini minggu kemarin.. 😍 bgian yg kena bgt di aku tuh pas mereka ke apartment yg lantai 8, terus di selamatkan oleh seorang pria.. Yang ternyata nyelamatin mereka demi keuntungan sendiri.. Terlintas di pikiran ku, apakah pemerintah kita juga begini? Ups! 🙊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Bren.. Adegan lantai 8 itu luar biasa deg-degan. Alasan lantai 8 kosong (dari teropong Yoo Bin) pasti karena keegoisan pria itu. Wah, *upsnya tidak bisa dijawab di sini, Bren. Haha...

      Delete
  3. Halo Chindy, aku uda sempat nonton film ini juga. Salah satu poin menarik yang aku dapat dari film ini adalah mereka mengangkat manfaat social media karena Joon Woo dan Yoo Bin bisa selamat karena rescue team berusaha untuk mendeteksi lokasi survivor melalui social media. Hal ini lebih menarik lagi karena sehari setelah menonton Alive, aku menonton The Social Dilemma yang justru mengangkat sisi negatif dari social media.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahh, aku jadi makin penasaran sama The Social Dilemma. Hal yang sama tapi bisa membawa 2 dampak yang berbeda ya...

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Makna Lagu: Untuk Hati yang Terluka oleh Isyana Sarasvati

Pelajaran Berharga Selama 7 Tahun Merantau

Makna Lagu: Manusia Kuat oleh Tulus