4 Rekomendasi Podcast Indonesia yang Menginspirasi

4 Rekomendasi Podcast Indonesia yang Menginspirasi Di tahun 2020, siapa yang tidak mengenal podcast? Podcast menjadi pilihan alternatif bagi para anak muda saat ini untuk mengisi waktu kosong mereka. Untuk yang belum tahu definisinya, podcast adalah rekaman audio yang diunggah dan dapat didengarkan oleh banyak orang. Kamu bisa mengakses podcast di aplikasi Spotify, Soundcloud, Anchor, Noice, dan lainnya.

Saat ini aku sangat menikmati mendengarkan podcast karena ada banyak hal baru dan menginspirasi yang dapat ku pelajari dari orang lain. Medengarkan podcast seperti mendengarkan radio. Bedanya adalah ada topik tertentu yang dibahas secara konsisten. Yuk kita langsung simak 4 rekomendasi Podcast Indonesia yang menginspirasi menurut ChindyCerita.

1. Asumsi Bersuara

Mungkin ada di antara kalian yang tidak asing dengan media asumsi.co. Asumsi sendiri didirikan oleh Pangeran Siahaan dan Iman Sjafei pada tahun 2015 di Youtube yang kemudian berkembang menjadi media terpercaya bagi kawula muda dalam mencari tahu informasi politik dan sosial. Aku banyak tahu berita terkini dan informasi mengenai isu politik sosial melalui Asumsi. Saat aku cukup sibuk dengan pekerjaanku dan tidak sempat membuka asumsi.co , aku pasti akan mendengarkan Podcast Asumsi Bersuara.

Yang aku suka dari podcast ini adalah motto yang mereka pegang: Di Asumsi, kami mendengar semua orang. Asumsi Bersuara selalu mengundang narasumber yang ahli di bidangnya untuk memberikan informasi yang akurat terkait topik yang sedang hangat dibicarakan masyarakat. Selain berdialog membahas isu-isu politik, Asumsi Bersuara juga membicarakan current issue (isu terkini) dan culture pop (budaya populer) yang sedang trending. Coba lihat list podcast terbaru Asumsi Bersuara berikut ini.

Sumber: open.spotify.com
Setelah dilihat, bisa langsung coba didengarkan ya. Dijamin kamu akan mendapatkan banyak informasi baru dan mindset yang bagus dari podcast tersebut.

2. Hiduplah Indonesia Maya 

Podcast karya Pandji Pragiwaksono ini membahas topik yang beragam, mulai dari kisah pribadinya, tips menjadi komika, ceritanya menjadi seorang ayah, dan pandangannya mengenai isu-isu terkini di dunia maya. Aku selalu mendapatkan hal inspiratif saat mendengarkan podcastnya. Beberapa podcastnya yang bisa aku rekomendasi ke kamu adalah Kenapa Gue Lari Jam 5 Pagi, Bedanya Hobi dengan Passion, Menjawab Pertanyaan Mengenai Berkarya, dan Terbaik yang Memberi.

Sumber: open.spotify.com
Sebagai komika yang hobi membaca dan berolahraga, ada banyak mindset dari Pandji Pragiwaksono yang bisa kita pelajari. Sebagai founder Comika.id, terkadang ia juga membicarakan tentang bisnis: trik untuk bertahan saat pandemi, cara ia me-manage karyawan-karyawannya di perusahaannya, dan lainnya. Pandji juga terkenal sebagai penulis. Beberapa buku karyanya yang bisa jadi rekomendasi bacaanmu adalah Nasional.is.me, Merdeka dalam Bercanda, Juru Bicara, dan Septictank. Jadi, tunggu apa lagi? Kamu bisa langsung dengar podcastnya ya.  

3. Randy and Gustika Are: Unqualified

Untuk yang suka dengan podcast berkonsepkan sharing dan membawakan tema yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, podcast ini adalah rekomendasiku. Selain mengagumi Gustika sebagai cucu dari Bung Muhammad Hatta, aku juga mengagumi cara dia berpikir dan mengutarakan suatu hal dengan straightforward (tidak bertele-tele). Setiap minggunya, Randy dan Gustika akan men-tweet tema yang akan dibicarakan dalam minggu itu di akun twitter mereka. Kemudian, para pendengar podcast dapat mengirimkan cerita atau curahan hati mereka ke email Unqualified.

Sumber: daffaardhan.com

Podcast pun dimulai dengan dialog mengapa Randy dan Gustika memilih tema tersebut, yang dilanjutkan dengan membacakan email yang mereka terima. Setelah membacakan email, Randy dan Gustika akan memberikan saran atau komentar untuk cerita tersebut. Mereka tidak selalu memberi saran karena mereka selalu berkata kalau mereka tidak menjalani hidup orang yang membagikan cerita tersebut, jadi mereka tidak qualified untuk memberi solusi atau jalan keluar.

Bagiku, podcast ini sangat menginspirasi karena aku bisa mendengar cerita banyak orang tentang manis-pahitnya kehidupan. Terlebih, Randy dan Gustika tidak judging (menghakimi) sama sekali. Episode favoritku adalah episode pertama podcast ini tentang Quarter Life Crisis dan Ga Bisa Bayar Kuliah. Perjuangan Ibu Gustika untuk bisa membuat Gustika kuliah ke luar negeri sangat mengagumkan. Episode lain yang juga menarik untuk didengarkan adalah Episode 11 - Menerima & Mencintai Diri Sendiri, Episode 16 - Nyaman itu Beban, dan Episode 29 - Toxic Positivity. Coba kamu dengarkan beberapa podcast ini beritahu aku episode mana yang menjadi favorit kamu.

4. MaknaTalks

Kamu suka mendengarkan sharing dari orang-orang hebat seperti Najwa Shihab, Raisa Andriana, Helmy Yahya, Ringgo Agus Rahman, dan banyak lagi? Podcast MaknaTalks menghadirkan bintang tamu dari berbagai latar belakang dan mewawancarai mereka mulai dari karir, mimpi, hingga hal-hal personal. Dengan dipandu oleh Iyas Lawrence yang pembawaannya casual, podcast ini sangat cocok untuk didengarkan ketika kamu sedang senggang, dalam perjalanan menuju suatu tempat, atau sedang bekerja. Bisa ku katakan kalau hampir semua episode di podcast MaknaTalks sangat menginspirasi! Episode favoritku adalah Episode 55 Talks about Taking the Leap bersama Najwa Shihab, Episode 81 Talks about Healing Unseen Wounds bersama Kunto Aji, dan Episode 89 Talks about Going Behind The Scenes bersama Dian Sastrowardoyo.


Itulah 4 rekomendasi podcast Indonesia yang menginspirasi. Semoga kamu juga terinspirasi saat mendengarkan mereka ya. Bagaimana dengan podcast Indonesia favoritmu? Coba sebutkan dan ceritakan di kolom komentar di bawah.

Baca juga: 3 Tips Mengelola Keuangan di Kala Pandemi

Featured Image credit to ©maicasaa - stock.adobe.com

Comments

Popular posts from this blog

Berkarya Walau di Rumah Aja - Gimana Caranya?

Pelajaran Berharga Selama 7 Tahun Merantau

Kuliah Jurusan Bahasa - Mau Jadi Apa?